Arti Sholat Lengkap dengan Nama dan Waktu Sholat Wajib

Arti Sholat Lengkap dengan Nama dan Waktu Sholat Wajib
SANTRIMANDIRI.NET - Sholat fardhu adalah kewajiban yang harus dilaksanakan setiap muslim. Namun, banyak yang tidak mengetahui apa arti sholat dan asal muasal arti sholat Dhuhur, Ashar, Ma
ghrib, Isya dan Sholat Shubuh.



كتاب أحكام الصلاة

وهي لغة الدعاء وشرعاً كما قال الرافعي أقوال وأفعال، مفتتحة بالتكبير مختتمة بالتسليم بشرائط مخصوصة (والصلاة المفروضة) وفي بعض النسخ الصلوات المفروضات (خمس) يجب كل منها بأول الوقت وجوباً موسعاً إلى أن يبقى من الوقت ما يسعها فيضيق حينئذ

(الظهر) أي صلاته. قال النووي: سميت بذلك لأنها ظاهرة وسط النهار (وأول وقتها زوال) أي ميل (الشمس) عن وسط السماء لا بالنظر لنفس الأمر، بل لما يظهر لنا ويعرف ذلك الميل بتحول الظل إلى جهة المشرق بعد تناهي قصره الذي هو غاية ارتفاع الشمس (وآخره) أي وقت الظهر (إذا صار ظل كل شيء مثله بعد) أي غير (ظل الزوال) والظل لغة الستر تقول أنا في ظل فلان أي ستره، وليس الظل عدم الشمس كما قد يتوهم، بل هو أمر وجودي يخلقه الله تعالى لنفع البدن وغيره

(والعصر) أي صلاتها، وسميت بذلك لمعاصرتها وقت الغروب (وأول وقتها الزيادة على ظل المثل) وللعصر خمسة أوقات أحدها وقت الفضيلة، وهو فعلها أول الوقت والثاني وقت الاختيار وأشار له المصنف بقوله

(وآخره في الاختيار إلى ظل المثلين) والثالث وقت الجواز وأشار له بقوله (وفي الجواز إلى غروب الشمس) والرابع وقت جواز بلا كراهة، وهو من مصير الظل مثلين إلى الاصفرار، والخامس وقت تحريم وهو تأخيرها إلى أن يبقى من الوقت ما لا يسعها

(والمغرب) أي صلاتها وسميت بذلك لفعلها وقت الغروب (ووقتها واحد وهو غروب الشمس) أي بجميع قرصها ولا يضر بقاء شعاع بعده (وبمقدار ما يؤذن) أي الشخص (ويتوضأ) أو يتيمم (ويستر العورة ويقيم الصلاة ويصلي خمس ركعات) وقوله وبمقدار الخ ساقط من بعض نسخ المتن، فإن انقضى المقدار المذكور خرج وقتها هذا هو القول الجديد، والقديم ورجحه النووي أن وقتها يمتد إلى مغيب الشفق الأحمر

(والعشاء) بكسر العين ممدوداً اسم لأول الظلام وسميت الصلاة بذلك لفعلها فيه (وأول وقتها إذا غاب الشفق الأحمر) وأما البلد الذي لا يغيب فيه الشفق، فوقت العشاء في حق أهله أن يمضي بعد الغروب زمن يغيب فيه شفق أقرب البلاد إليهم ولها وقتان: أحدهما اختيار وأشار له المصنف بقوله (وآخره) يمتد (في الاختيار إلى ثلث الليل) والثاني جواز وأشار له بقوله (وفي الجواز إلى طلوع الفجر الثاني) أي الصادق وهو المنتشر ضوءه معترضاً بالأفق، وأما الفجر الكاذب، فيطلع قبل ذلك لا معترضاً بل مستطيلاً ذاهباً في السماء ثم يزول وتعقبه ظلمة، ولا يتعلق به حكم وذكر الشيخ أبو حامد أن للعشاء وقت كراهة وهو ما بين الفجرين

(والصبح) أي صلاته وهو لغة أول النهار وسميت الصلاة بذلك لفعلها في أوله ولها كالعصر خمسة أوقات: أحدها وقت الفضيلة وهو أول الوقت. والثاني وقت اختيار وذكره المصنف في قوله (وأول وقتها طلوع الفجر الثاني وآخره في الاختيار إلى الإسفار) وهو الإضاءة. والثالث وقت الجواز وأشار له المصنف بقوله (وفي الجواز) أي بكراهة (إلى طلوع الشمس). والرابع جواز بلا كراهة إلى طلوع الحمرة. والخامس وقت تحريم وهو تأخيرها إلى أن يبقى من الوقت ما لا يسعها.

Definisi Sholat


Sholat secara bahasa ialah doa. Dan secara syara’, sebagaimana yang di ucapkan oleh Imam Ar Rofi’i, ialah ucapan dan kegiatan yang di mulai dengan takbir dan diselesaikan dengan salam dengan kriteria-syarat tertentu.

Nama dan Waktu Sholat Wajib

Sholat yang difardlukan terdapat lima. Dalam beberapa redaksi menggunkan bahasa “sholat-sholat yang difardlukan”.

Masing-masing dari sholat itu wajib di laksanakan karena masuknya mula waktu dengan keharusan yang diperluas (tidak mesti segera dilakukan) sampai waktu yang tersisa hanya lumayan digunakan guna melakukannya, maka saat tersebut waktunya menjadi sempit (harus segera dilakukan).


Sholat Dhuhur


Yaitu sholat Dhuhur. Imam an Nawawi berkata, “sholat ini dinamakan dengan Dhuhur sebab sesungguhnya sholat ini nampak jelas di tengah hari.”

Awal masuknya masa-masa sholat Dhuhur ialah saat tergelincirnya, maksudnya bergesernya matahari dari tengah langit, tidak disaksikan dari kenyataannya, tetapi pada apa yang nampak oleh kita.

Pergeseran tersebut dapat diketahui dengan bergesernya bayangan ke arah timur sesudah posisinya tepat di tengah-tengah, yakni puncak posisi tingginya matahari.

Dan batas kesudahannya waktu sholat Dhuhur ialah ketika bayang-bayang masing-masing benda seukuran dengan bendanya tanpa memasukkan bayangan yang nampak ketika zawal (gesernya matahari).

Dhil secara bahasa ialah penutup/ pelindung, anda berkata, “aku sedang di bawah dhilnya fulan”, maksdnya perlindungannya.

Bayang-bayang bukan berarti tidak adanya sinar matahari sebagaimana yang di salah fahami, akan namun bayang-bayang ialah perkara wujud yang dibuat oleh Allah Swt guna kemanfaatan badan dan selainnya.

Sholat Ashar


Dan Ashar, maksudnya sholat Ashar. Disebut dengan sholat Ashar, sebab pelaksanaannya mendekatii masa-masa terbenamnya matahari.

Permulaan waktunya ialah mulai dari bertambahnya bayang-bayang dari ukuran bendanya.

Sholat Ashar mempunyai 5 waktu/;

  1. Waktu Fadlilah (utama), yaitu melaksakana sholat di mula waktu.
  2. Waktu Ikhtiyar. Waktu ini diisyarahi oleh mushonnif dengan perkataan beliau, akhir masa-masa Ashar di dalam masa-masa ikhtiyar ialah hingga ukuran bayangan dua kali lipat ukuran bendanya.
  3. Waktu Jawaz. Waktu ini diisyarahi oleh mushonnif dengan perkataan beliau, dan di dalam masa-masa jawaz sampai terbenamnya matahari.
  4. Waktu jawaz tanpa disertai hukum makruh. Yaitu semenjak ukuran bayangan dua kali lipat dari ukuran bendanya sampai waktu ishfirar (remang-remang).
  5. Masa-masa tahrim (haram). Yaitu meng-akhirkan pengamalan sholat sampai waktu yang tersisa tidak lumayan untuk mengemban sholat.


Sholat Maghrib


Dan Maghrib, maksudnya sholat Maghrib. Disebut dengan sholat Maghrib karena digarap saat masa-masa terbenamnya matahari.

Waktu sholat Maghrib melulu satu. Yaitu terbenamnya matahari, maksudnya semua bulatan matahari dan tidak masalah walaupun setelah tersebut masih tampak sorotnya, dan kira-kira masa-masa yang cukup untuk seseorang untuk mengerjakan adzan, wudlu’ atau tayammum, memblokir aurat, iqomah sholat dan sholat lima rokaat.

Perkataan mushonnif “وَبِمِقْدَارِ إِلَخْ” terbuang dari beberapa redaksi matan.

Ketika kadar masa-masa di atas telah habis, maka masa-masa maghrib telah keluar. Ini ialah pendapat Qaul Jadid.

Sedangkan Qaul Qadim, dan diunggulkan oleh imam an Nawawi, ialah sesungguhnya masa-masa sholat Maghrib memanjang sampai terbenamnya mega merah.

Sholat Isya’


Dan sholat Isya’. Isya’ dengan terbaca kasroh huruf ‘ainnya ialah nama untuk permulaan petang. Sholat ini dinamakan dengan nama itu karena digarap pada mula petang.

Permulaan masa-masa Isya’ ialah ketika terbenamnya mega merah.

Adapun negara yang tidak tenggelam mega merahnya, maka masa-masa Isya’ untuk penduduknya ialah ketika sesudah ternggelamnya matahari, sudah melalui masa tenggelamnya megah merah negara yang terdekat pada mereka.

Sholat Isya’ mempunyai dua waktu. Salah satunya ialah waktu Ikhtiyar, dan di isyarahkan oleh mushannif dengan perkataan beliau, “akhir masa-masa ikhtiyar sholat Isya’ ialah memanjang sampai seperti malam yang kesatu.

Yang kedua ialah waktu jawaz. Dan mushannif memberi isyarah mengenai waktu ini dengan perkataan beliau, “dan di dalam masa-masa jawaz sampai terbitnya fajar kedua, maksudnya fajar Shodiq, yakni fajar yang menyebar dan menghampar sinarnya di angkasa.

Adapun fajar Kadzib, maka terbitnya / hadir sebelum fajar Shodiq, tidak menghampar akan namun memanjang naik ke atas langit, lantas hilang dan di ikuti oleh kegelapan malam. Dan tidak terdapat hukum yang berhubungan dengan fajar ini.

Asy Syekh Abu Hamid menyatakan bahwa bahwasannya sholat Isya’ mempunyai waktu Karahah, yakni waktu salah satu dua fajar.

Sholat Shubuh


Dan Subuh, maksudnya sholat Subuh. Secara bahasa, Shubuh memiliki makna permulaan siang (pagi). Disebut demikian karena digarap di permulaan siang (pagi).

Seperti halnya sholat Ashar, sholat Subuh pun mempunyai lima waktu. Salah satunya ialah waktu fadlilah. Yaitu mula waktu.

Yang kedua ialah waktu ikhtiyar. Mushonnif menjelaskannya di dalam perkataan beliau, “awal masa-masa sholat Subuh ialah mulai terbitnya fajar kedua, dan kesudahannya di dalam masa-masa ikhtiyar ialah hingga isfar, yakni waktu yang telah terang.

Yang ketiga ialah waktu jawaz. Dan mushonnif mengisarahkannya dengan perkataan beliau, “dan di dalam masa-masa jawaz, maksudnya disertai dengan hukum makruh ialah hingga terbitnya matahari.

Dan yang ke empat ialah waktu jawaz tanpa disertai hukum makruh ialah sampai terbitnya mega merah.

Dan yang ke lima ialah waktu tahrim (haram), yakni mengakhirkan pengamalan sholat sampai waktu yang tersisa tidak lumayan untuk mengemban sholata Sholat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel