Rangkaian Kegiatan Harlah NU ke-94 versi Masehi | 31 Januari 2020

Rangkaian Kegiatan Harlah NU ke-94 versi Masehi | 31 Januari 2020
harlah nu ke-94




Santri Mandiri - Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi terbesar didunia. Pada tanggal 31 Januari nanti akan diselenggarakan Peringatan harlah (Hari Lahir) NU ke-94 versi masehi. Tepatnya pada Hari Jum'at(31/01/2020). Kabarnya akan diselenggarakan pada pukul 20.00 WIB. bertempat dikantor PBNU (Pengurus Besar Nahdlatul Ulama), Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat.


NU lahir pada 31 Januari 1926 silam di Surabaya, Jawa Timur. Tanggal tersebut bertepatan dengan 16 Rajab 1344. Selain memperingati Harlah versi masehi, Harlah NU juga diperingati dalam versi hijriah, yaitu pada setiap 16 Rajab.


Download Logo Resmi harlah NU ke-94 klik disini



Acara yang akan diselenggarakan


Khotmil quran

Terdapat berbagai macam kegiatan yang akan diselenggarakan pada Harlah NU versi masehi ini. Dimulai dari Pembacaan Khotmil Quran yang bertempat di Masjid An-Nahdlah PBNU, jum'at pagi.



Peletakkan batu pertama

Setelah acara tersebut selesai, sesuai dengan susunan acara nantinya akan dilanjutkan dengan peletakkan batu pertama perluasan kantor PBNU selesai melaksanakan sholat Jum'at.



Malam Tasyakur Harlah NU

Peletakkan batu pertama tersebut dilakukan oleh Rais 'Aam KH. Miftachul Akhyar. Selesai dengan acara tersebut pada malamm harinya diselenggarakanlah Tasyakur Harlah (Hari Lahir) yang akan dihadiri oleh Mustasyar PBNU KH. Ma'ruf Amin (wakil presiden), keluarga pendiri NU, serta keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU).



Peluncuran koin muktamar NU

Kabarnya acara tasyakuran harlah NU juga akan diluncurkannya Koin Muktamar dengan pembawa acara dari Menteri Kelautan 2014-2019 yaitu Susi Pudjiastuti.


Tidak hanya dari Menteri kelautan (2014-2019) acara harlah nu juga akan dihadiri oleh Pesepak bola Indonesia Bambang Paungkas. Kabarnya Reino Barack juga akan hadir dalam acara tersebut.


"Beberapa teman-teman millenial juga InsyaAllah akan datang. Kedatangan mereka sebenarnya hormat terhadap peringatan Harlah NU dan tertarik dengan semangat kemandirian NU (Nahdlatul Ulama)," Ucap Ketua Panitia Harlah ke-94 M NU yang juga Wakil Sekjen PBNU H Andi Najmi Fuadi di Gedung PBNU, Senin (26/1).



Tema Harlah NU

Andi mengatakan bahwasanya Harlah (Hari Lahir) Tahun 2020 ini mengusung tema :

"Meneguhkan Kemandirian NU bagi Peradaban Dunia".

Kemandirian yang dimaksud bukan hanya tentang ekonomi, melainkan juga dalam bidang sosial, politik, dan lainnya.


Menurutnya, jika kemandirian bisa di lakukan secara optimal maka akan mengurangi beban pemerintah.

"Kemandirian itu bukan berarti kita berhadapan dengan pemerintah, tetapi baagaimana mengeksploitasi di dalam NU. Semangat kemandirian adalah memperkuat keberadaan pemerintah dalam melaksanakan pembangunan nasional," kata Andi.


Ia mencontohkan bagaimana pentingnya Koin Muktamar NU. Manfaat koin muktamar disebutnya banyak. Salah satu penggunaan koin muktamar dalam waktu pendek adalah untuk pembiayaan Acara Muktamar ke-34 NU yang diselenggarakan di Lampung pada Oktober 2020.


"Bagaimana eksistensi negara harus semakin kokoh itu kan manfaaat untuk masyarakat bangsa. Kemudian juga di muktamar membicarakan penguatan sektor ekonomi masyarakat. Itu manfaat yang akan diperoleh. Impact kepada masyarakat baik yang berpartisipasi maupun yang tidak berpartisipasi dalam koin muktamar," jelasnya.


Ia mengajak warga NU, khususnya yang ada di sekitar Jakarta untuk datang dan bersama-sama tabarrukan pada Harlah NU.





info menarik Tokoh warta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel