Arti dan Sejarah Bulan Rajab

Arti dan Sejarah Bulan Rajab
Pastinya kalian sedang bingung dengan apa yang dimaksud dengan bulan rajab itu, Nah kalau begitu bacalah artikel ini sampai akhir dan semoga dapat memberi jawaban yang sesuai dengan kalian inginkan.



Arti Bulan Rajab

Bulan Rajab merupakan bulan ke-7 dari bulan bulan qomariah dan termasuk bulan haram dari tiga bulan berikut; Dzulkaidah, Dzulhijjah dan Muharram. Dalam sebuah hadis dari Nabi saw disebutkan bahwa:

"Bulan Rajab adalah bulan Allah, dan bulan Sya'ban adalah bulanku dan bulan suci Ramadhan adalah bulan untuk umatku."

Bulan Rajab ialah suatu bulan yang terhitung memiliki arti yang besar dan agung. Sesuai dengan sumber-sumber bahasa, bahwa orang-orang Arab dari periode sebelum Islam mengganggap bulan ini sebagai bulan yang agung sehingga mereka menjaga dan menahan diri untuk tidak melakukan peperangan pada bulan ini.

Nama lain dari bulan Rajab

Bulan yang agung ini juga memiliki nama-nama lain dan disebut dengan sifat-sifatnya. mereka menyebut bulan ini juga dengan "Rajab al-Fard", alasannya dikarenakan bulan ini dari urutan keharamannya terpisah dari yang lainnya, yaitu terpisah dari bulan-bulan haram lainnya seperti Dzulkaidah, Dzulhijjah dan Muharram.

Dikatakan juga untuk bulan ini sebagai "Rajab al-Madhar" karena satu kabilah Madhar (dari nenek moyang Rasul) karena mereka memiliki penghormatan khusus untuk bulan ini. "rajab al-Asham", "Rajab al-Murajjab", "Rajab al-Haram", juga Manshal al-Asnah dan Manshal al-Al adalah nama-nama lain untuk bulan ini.

Sebelum masuknya agama islam


Bulan Rajab memiliki nilai dan kehormatan yang sangat tinggi dan istimewa di sisi kaum Arab Jahiliyah. Karena yang mana mereka menganggap bahwa pada bulan ini perang, pertumpahan darah, pembunuhan, perampasan dan menyerang tiba-tiba pada malam hari semuanya dilarangan. Oleh karena itu, mereka menyebut bulan ini juga dengan nama "Rajab al-Asham".

Setelah Islam masuk, nilai kemuliaan dan penghormatan bulan ini pun bertambah dan aspek agama pada bulan ini telah memberikan kesucian dan menjadikannya lebih sakral.

Keutamaan bulan Rajab


Dari Abdullah bin Abbas; karena bulan rajab telah tiba, kaum muslimin berkumpul disekitar Nabi Muhammad saw. Setelah Nabi menyampaikan pujian dan syukur kehadirat Allah swt dan mengenang para nabi terdahulu, dia bersabda:

"Wahai kaum muslimin! Bulan agung dan penuh berkah akan datang menyelimuti kalian dan bulan tersebut adalah curahan yang mana rahmat Allah akan tercurah dan meliputi siapa saja yang menyembah dan beribadah kepadanya kecuali dia adalah seorang yang musyrik atau seorang yang membuat bid'ah di dalam Islam.

Sesunggguhnya dalam bulan Rajab ada sebuah amalan yang jika seseorang menghidupkan malam tersebut dan mendirikan salat pada malam tersebut, Allah swt akan mengharamkan jasadnya dari api neraka dan 100 malaikat akan menyalaminya dan 100 malaikat akan memintakan ampunan untuknya sampai kelak datang malam seperti itu.

kemudian bersabda: Barang siapa yang berpuasa satu hari di Bulan Rajab, dia akan selamat dan aman dari ketakutan hari kiamat dan akan terselamatkan dari api neraka.

Bulan Rajab Keutamaan Bulan Rajab Santri Menulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel