Doa Menghadapi Soal-Soal Ujian, Belajar Saja Tidak Cukup Untuk Melaksanakan Ujian

Doa Menghadapi Soal-Soal Ujian, Belajar Saja Tidak Cukup Untuk Melaksanakan Ujian
doa menjawab soal ujian




Santri Mandiri - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) pada Tahun 2020 sekarang ini adalah yang terakhir, nantinya tidak akan ada lagi UN pada kelas terakhir baik itu kelas 3 maupun kelas 12. Dalam melaksanakan Ujian Nasional (UN) belajar saja tidak cukup untuk mengahadapi UN. Melainkan kita harus mendekatkan diri kita pada Allah SWT.

Doa Menghadapi Soal-Soal Ujian

Pastinya sebelum Ujian Nasional (UN) Para siswa-siswi akan belajar jauh hari sebelum pelaksanaan, atau satu hari sebelum pelaksaan, biasanya pada malam hari. Lebih bagus lagi ketika menghafal selepas sholat shubuh karena diwaktu tersebut otak kita masih frash.

Oleh karenanya belajar untuk menghapi soal-soal ujian saja tidak cukup. Berikut ini kumpulan doa untuk dapat dimudahkan oleh Allah SWT. dalam menjawab :

Doa sebelum menjawab soal-soal ujian


رَبِّ يَسِّرْ وَأَعِنْ وَلَا تُعَسِّرْ

Rabbi yassir wa a‘in wa lâ tu‘assir

Artinya: “Wahai Tuhanku, mudahkanlah. Bantulah [aku]. Jangan Kaupersulit,”
(Lihat Imam An-Nawawi, awal Raudhatut Thalibin, Darul Fikr).


Bisa juga digabung dengan doa Nabi Musa

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî. 

Artinya: "Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thâhâ[ 20]: 25-28).


Bisa juga digabung dengan potongan ayat surat Al-Kahfi ayat 10

 رَبَّنَآ اٰتِنَا مِنْ لَّدُنْكَ رَحْمَةً وَّهَيِّئْ لَنَا مِنْ اَمْرِنَا رَشَدًا

rabbanā ātinā mil ladungka raḥmataw wa hayyi` lanā min amrinā rasyadā


Artinya: “Ya Tuhan kami. Berikanlah rahmat kepada kami dari sisi-Mu dan sempurnakanlah petunjuk yang lurus bagi kami dalam urusan kami.”



Bisa juga diselipkan dalam doa hajat


لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ الحَلِيْمُ الكَرِيْمُ ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ العَرْشِ العَظِيْم ، الحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ ، أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ ، وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ ، وَالغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ ، وَالسَّلَامَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ ، لَا تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلَّا غَفَرْتَهُ ، وَلَا هَمًّا إِلَّا فَرَّجْتَهُ ، وَلَا حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلَّا قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Lâ ilâha illallâhul halîmul karîm. Subhânallâhi rabbil ‘arsyil karîmil ‘azhîm. Alhamdulillâhi rabbil ‘âlamîn. As’aluka mûjibâti rahmatik, wa ‘azâ’ima maghfiratik, wal ghanîmata min kulli birrin, was salâmata min kulli itsmin. La tada‘ lî dzanban illâ ghafartah, wa lâ hamman illâ farrajtah, wa lâ hâjatan hiya laka ridhan illâ qadhaitahâ ya arhamar râhimîn.


Artinya: “Tiada Tuhan selain Allah yang maha lembut dan maha mulia. Maha suci Allah, penjaga Arasy yang agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan alam semesta. Aku mohon kepada-Mu bimbingan amal sesuai rahmat-Mu, ketetapan ampunan-Mu, kesempatan meraih sebanyak kebaikan, dan perlindungan dari segala dosa. Janganlah Kau biarkan satu dosa tersisa padaku, tetapi ampunilah. Jangan juga Kau tinggalkanku dalam keadaan bimbang, karenanya bebaskanlah. Jangan pula Kau telantarkanku yang sedang berhajat sesuai ridha-Mu karena itu penuhilah hajatku. Hai Tuhan yang maha pengasih.”

Sumber :
Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel