Keutamaan Puasa di Bulan Syaban

Keutamaan Puasa di Bulan Syaban
Keutamaan Puasa di Bulan Syaban menjadi bagian dari diri muslim untuk sedsapat mungkin melaksanakannya untuk menghidupkan bulan yang agung, Syaban. Puasa berarti menahan diri dari perkara yang membatalkanpuasa.

Ddengan kata lain sebagai menyangga diri dari hawa nafsu ammaroh mengarah ke nafsu lawamah dan mutmainnah.

sumber: alasunnah.com

Maka, Rasulullah memberitakan kabar gembira untuk umatnya yang memuliakan bulan Syaban dengan teknik berpuasa.

“Barangsiapa yang berpuasa sekitar tiga hari di mula bulan, tiga hari di pertengahan bulan dan tiga hari di akhir bulan Syaban, maka Allah bakal mencatat kebajikan seperti kebaikannya tujuh puluh semua nabi. Dan ia laksana hamba Allah yang beribadah sekitar 70 tahun terus menerus. Dan andai ia meninggal di bulan Sya’ban, maka ia termasuk mati syahid.”

Keutamaan untuk Orang yang Mengagungkan Bulan Syaban

Beruntung untuk umatnya Nabi Muhammad SAW, sebab banyaknya keutamaan di dalamnya. Salah satu Keutamaan Umat Nabi Muhammad SAW, di bulan Syaban merupakan:

Rasulullah SAW sudah berkata, “Barangsiapa yang memuliakan Sya’ban dengan teknik taat untuk Allah, melakaukan tindakan yang diperintahkan-Nya, dan menyangga diri dari maksiat, maka Allah akan memaafkan dosanya. Dan Allah bakal memberikan ketenteraman kepadanya di bulan tersebut dari balai (kecelakaan) dan wabah penyakit.”

Keutamaan Menghiudpkan Malam Nishfu Syaban

Diantaranya keistimewaan yang terdapat di bulan Syaban ialah adanya Malam Nisfu Sya'ban


“Nabi Shalallahu ‘alahi wa salllam sudah bersabda, ” Barangsiapa yang menghidupkan dua malam Ied (Idul Fitri & Idul Adha), dan malam pertengahan di bulan Sya’ban, maka hatinya tidsak bakal mati saat hati-hati yang lainnya mati.

Diriwayatkan dari Atho bin Yasar:

“Tidak terdapat malam sesudah malam Qadr yang lebih utama, kecuali malam pertengahan di Bulan Syaban,”

Cara Memuliakan Bulan Syaban

Banyak cara untuk memuliakan bulan Sya’ban ini dengan sebanyak ibadah yang disunnahkan. Diantaranya:


  1. Tadarus Al Qur’an
  2. Berdzikir
  3. Berdoa
Pun kita dapat mengamalkan amaliah yang lainnya, seperti menggandakan shalawat, sedekah, silaturahmi.


Doa Malam Nisfu Syaban

Di malam Nisfhu Syaban, terdapat amalan yang disarankan seperti berdoa. Kita sebagi muslim pasti wajib berdoa untuk Allah meminta diberi usia yang panjang guna beribadah, diberkahkan rezeki, dan diputuskan iman islam dalam sanubari.

AsSayyid Utsman bin yahya menyebutkan amalan dan doa bulan nisfu sya’ban dalam buku Maslaakul Akhyar :

Caranya sebgai berikut:

Membaca Surat yasin sejumlah 3x, lalu menyimak doa inilah ini:
doa menyeluruh malam nisfu syaban

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ. اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ

Do’a Nisfu Syaban Latin

Allohumma yaa dzal manni, wa laa yumannu ‘alaika, yaa dzal jalaali wal ikroom. Yaa dzat thowli wal in’aam, laa ilaaha illaa anta zhohral laajiin, wa jaarol mustajiiriin wa ma’manal khoo’ifiîn. Allohumma in kunta katabtanii ‘indaka fî ummil kitaabi syaqiyyan au mahruuman au muqtarron ‘alayya fir rizqi,.

Famhullohumma fî ummil kitaabi syaqoowatî wa hirmaanî waqtitaaro rizqî, waktubnii ‘indaka sa‘iidan marzuuqon muwaffaqon lil khairoot. Fa innaka qulta wa qoulukal haqqu fî kitaabikal munzal ‘alaa lisaani nabiyyikal mursal, “yamhullohu maa yasyaa’u wa yutsbitu, wa ‘indahuu ummul kitaab”

wa shallallâhu ‘alaa sayyidinaa muhammad wa ‘alaa aalihii wa shohbihîi wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Arti Do’a Nisfu Syaban

Artinya:

“Ya Allah Ya Tuhanku, yang maha pemberi, anda tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kehormatan dan kemuliaan.

Wahai Allah pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan di samping Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang menggali perlindungan, dan lokasi aman untuk orang-orang yang takut.

Ya Allah Ya Tuhanku, andai Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauhil Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauhpl Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku.

Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang ber-untung, mudahnya rezeki, dan taufiq untuk melakukan kebaikan sebab Engkau sudah bersabda–sementara perkataan-Mu ialah benar–di kitabmu yang diturunkan melewati ucapan Rasul utusan-Mu, Allah menghapus dan memutuskan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauhil Mahfuzh.’

Semoga Allah menyerahkan sholawat untuk Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta semua sahabatnya. Segala puji untuk Allah Ta’ala.”

Kesimpulannya, sungguh telah tidak sedikit hadist yang menjelaskan akan keutamaan bulan Syaban dan keistimwaan malam Nisfu Syaban. Doa

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel