√ 7 Rahasia Keutamaan Surat Al Kahfi yang Dibaca Setiap Hari dan Malam Jumat

Al Quran memuat surat-surat yang terdapat rahasi, fadilah/keutamaan dan fadilahnya masing-masing. Setiap satu huruf saja kita membaca dari Al Quran, maka Allah akan membalas sepuluh kebaikan bagi pembacanya.

Berikut 7 Rahasia Keutamaan Surat Al Kahfi yang Dibaca Setiap Hari dan Malam Jumat

√ Terhindar fitnah Dajjal


Rasulullah shalallahu 'laihi wa sallam bersabda,“Barang siapa membaca Surah Al Kahfi pada hari Jum’at, maka Dajjal tidak dapat memudharatkannya,” (HR Ad Dailami)

“Siapa yang menmbaca sebagian dari Surah Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala sampai kakinya. Dan siapa yang membaca keseluruhannya, maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi,” (H.  Ahmad)

Jelas bahwa fadilah keutamaan dari membaca Surat Al Kahfi meskipun hanya sebagiannya saja, maka Allah akan menjaga bagi pembacanya terhindar dari fitnah yang besar dari Dajjal.

√ Mendapat Pengampunan Dosa diantara Jum'at satu dengan Jum'at Berikutnya


Dalam riwayat yang berbeda, masih diriwayatkan dari Abu Sa’id al Khudri RA, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda, Dari Ibnu Umar RA, Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancarlah cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit. Akan meneranginya besok pada hari Qiyamat, dan diampunkan dosanya antara dua jumat.”

√ Akan Mendapatkan Pancaran Cahaya Diri


“Barangsiapa membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq.” (HR. Al Hakim)

√ Tidak Akan Ditembus Syetan Sepanjang Malam Jum'at


Sabda Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam, "Janganlah engkau jadikan rumah-rumahmu sebagai kuburuan,"

Maksudnya, jangan rumah jangan dijadikan sebagai tempat tinggal saja, tanpa dijadikan sebagai tempat berkumpul untuk beribadah. Apalagi rumah hanya sepi dari lantunan ayat Quran

Rumah yang dibacakan surah Al Khafi dan Al Baqoroh, maka tidak akan ditembus oleh syetan sepanjang malam itu

Sebagaimana yang sudah diriwayatkan dari Ibnu Mardawaih dari Abdulloh Bin Mughoffa. diantara sunnah nabi adalah membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at atau pada hari Jum’atnya, dan malam Jum’at dimulai sejak terbenamnya matahari pada hari Kamis.

√ Dipancarkan Cahaya Sejauh Dirinya dan Ka’bah

Diriwayatkan dari Sahabat Abu Sa’id Al Khudri bahwa Nabi shalallahu 'alihi wa sallam pernah bersabda: “Sesiapa orang yang membaca surat al-Kahfi pada malam Jum’at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘Atiq (Ka’bah).” (Sunan Ad Darimi:3273)

√ Dipancarkan Cahaya di antara Dua Jumat


Dalam riwayat lain, masih dari Abu Sa’id al Khudri radhiyallahu 'anhu, “Barangsiapa membacakan surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka bakal dipancarkan cahaya untuknya pada salah satu dua Jum’at.” (HR. Al-Hakim:2/368 dan Al-Baihaqi: 3/249.

√ Menerangi Pembacanya di Hari Kiamat


Abdulloh bin Umar radhiyallahu 'anhu berkata:
Rasulullah shalallahu 'laihi wa sallam bersabda, “Siapa yang menyimak surat Al Kahfi pada hari Jum’at, maka akan menyemprot cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit, bakal meneranginya besok pada hari kiamat, dan dimaafkan dosanya antara dua jumat.”

Dari rahasia surat al-kahfi dapat dijadikan sebagai amalan terbaik untuk setiap umat muslimin terutama di ucapkan di masa-masa dan jam-jam tertentu sebagaimana yang ada pada keutamaan bacaan surat al-Kahfi latin guna dan dengan kata lain sesuai dengan kaidah yang terdapat di dalamnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel