Ini Dia Orang yang Rajin Sholat Tapi dikumpulkan dengan Orang yang Tidak Sholat

Ini Dia Orang yang Rajin Sholat Tapi dikumpulkan dengan Orang yang Tidak Sholat
hukum sholat



























Santri Mandiri - Sebagaimana perintah Allah kepada kita untuk sholat 5 waktu. Tetapi ketika rajin beribadah sholat tapi nanti akan dikumpulkan bersama orang-orang tidak suka sholat? Apakah yang termasuk dalam orang-orang tersebut?


Rajin Sholat Tapi dikumpulkan Bersama Orang yang Tidak Sholat


Al Habib Ahmad bin Umar bin Sumait Mengatakan yang maknanya adalah seperti ini:



Apakah hukum orang yang gemar menyambung silaturahim dengan memberikan bantuan, hubungan baik, dan penghiburan akan tetapi ia tidak pernah menanyakan kepada mereka bagaimana keadaan agama, mereka tidak pula mengajaran agama kepada mereka?


Apakah ia akan dikumpulkan di hari kiamat bersama dengan orang yang menyambung silaturahim atau bersama orang yang memutus silaturahim?


Tanyalah kepada ulama mengenai ini sehingga kalian tidak tertipu dalam masalah ini.



Ibnu Athoillah dalam kitabnya at Tanwir mengatakan bahwa orang yang shalat dan menjaga shalat akan tetapi ia memiliki keluarga yang tidak shalat, tidak memerintahkan mereka untuk shalat, tidak pula menegur atau mengucilkan mereka maka ia tidak akan dikumpulkan bersama orang-orang yang shalat, kelak ia akan dikumpulkan bersama orang-orang yang meninggalkan shalat. Walaupun ia selalu shalat di awal waktu, berjamaah dan di shaf pertama.


Maka tegakkanlah perintah Allah di kalangan keluarga kalian, Seretlah mereka ke surga. Jika tidak, mereka yang akan menyeretmu ke neraka..


(Majmu Kalam Habib Ahmad bin Umar bin Smith hal 258)
jendela dakwah

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel