Guna Ngaji Pada Iman

Guna Ngaji Pada Iman
Guna Ngaji Pada Iman – Dari kecil hingga dewasa, tentu kenal dengan istilah ngaji, khususnya bagi orang-orang yang memeluk agama islam. Bahkan, semua kalangan pernah ngaji, baik tua, muda dan seterusnya.
Guna Ngaji Pada Iman


Ngaji telah diwajibkan oleh Baginda Rasulullah Saw. Bagi setiap orang muslim, dimulai buaian ibu hingga masuk liang lahat. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW :

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

"Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim."

Juga hadits yang lainnya :

(تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِ

Artinya, "Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu." (HR Tabrani)

Allah SWT. Tidak semata-mata menciptakan suatu perkara melainkan ada gunanya, begitu pula dengan ngaji. Ada yang berguna pada ekonomi, berguna pada sosial, berguna pada iman dan lain-lain. Lalu, Guna Ngaji Pada Iman apa?

Apa Itu Ngaji?

Istilah ngaji biasanya sering kita dengar dari para Santri, yang menjadi bahasa khas Pesantren. Ngaji adalah  istilah untuk mempelajari agama.

Apa maksud Guna Ngaji Pada Iman ?

Semua hal ada gunanya termasuk ngaji, salah satunya Guna Ngaji Pada Iman adalah menambah, mempertebal dan menguatkan iman. Dengan cara mengkaji kitab-kitab tauhid seperti Aqidatul Awwam , Tijan  Darori dan lain-lain.

Guna Ngaji Pada Iman bagai nafas badan, yang sudah tentu kita tidak akan pernah hidup tanpa adanya nafas. Hal tersebut menandakan sangat pentingnya ngaji, terutama ngaji tauhid, sehingga kita tidak akan menyekutukan Allah SWT, itulah salah satu guna ngaji pada iman.

Selain itu, ada juga beberapa hal Guna Ngaji Pada Iman yaitu sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Mahabbah kita kepada Allah SWT
  2. Allah meninggikan derajat kita
  3. Kita akan berma’rifat kepada Allah
  4. Semakin yakin terhadap Allah bahwa dia yang Maha Esa



وَمَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فيه عِلْمًا سَهَّلَ الله له بِهِ طَرِيقًا إلى الْجَنَّةِ

“Barangsiapa yang menempuh satu jalan untuk mendapatkan ilmu, maka Allah memudahkan baginya jalan menuju surga.”(HR.Muslim:2699)

Oleh karena itu, kita diwajibkan ngaji, karena berguna pada iman yang  sangat penting dalam beribadah  kepada Allah SWT, itulah beberapa hal yang dapat kita bahas. Wallahu a’lam bishowab. (Muhammad Alif Maulana Nugraha)

Santri Menulis

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel