Kemuliaan Maulid Nabi

Kemuliaan Maulid Nabi

                                                          


Santri Mandiri – Maulid Nabi Muhammad Saw. Seringkali diperingati Oleh Masyarakat Muslim seluruh dunia. Biasanya membaca kitab Manaqib maulid Nabi beramai – ramai, seperti Al-Barjanzi, Ad-Dhiba’, Burdah, Adhiya ‘Ulami, Simthuduror dan lain-lain. 


Lalu, apa keutamaannya? 


Nah, di artikel kali ini Santri Mandiri Akan menginformasikan Keutamaan Maulid Nabi Dari Kalam – kalam para sahabat, tabi’in, Itba’ut tabi’in dan para Ulama – Ulama Masyhur.


1. Sayyidina Abu Bakar Ash – Shiddiq RA pernah berkata :

“Barang siapa membesarkan Maulid Nabi SAW maka sesungguhnya ia akan menjadi temanku di dalam Surga.”


2. Sayyidina Umar bin Khattab RA. Juga pernah berkata

“Barangsiapa membesarkan Maulid Nabi SAW. Maka sesungguhnya ia menghidupkan agama islam.”


3. Sayyidina ‘Utsman bin ‘Affan RA. Pun pernah berkata :

“Barangsiapa mengeluarkan satu dirham untuk membaca maulid Rasulullah SAW maka seolah – olah ia mati syahid didalam peperangan Badar dan Hunain.”


4. Imam Syafi’i Rahimahullah pernah berkata :

“Barangsiapa mengumpulkan orang – orang islam untuk menyambut maulid nabi Saw dengan membca maulid itu dan mengadakan Syarahan – Syarahan berkenaannya serta menyediakan makanan bagi mereka dan membuat lain – lain kebajikan, niscaya Allah Ta’ala akan membangkitkan mereka di hari kiamat bersama dengan Wali – Wali , orang – orang yang mati syahid dan orang –orang yang sholeh dan ia akan berada di dalam surga yang penuh dengan ni’mat.”


5. Imam Hasan Al – Basri RA :

“Aku ingin kalaulah aku mempunyai emas sebanyak gunung uhud, niscaya aku akan membelanjakannya untuk membaca Maulid Rasulullah SAW.”


6. Imam Al – Junaidi Al – Baghdadi Rahimahullah telah berkata

“Barangsiapa hadir pada majlis Maulid Nabi SAW dan membesarkan keadaan majlis itu maka sesungguhnya ia telah menang dengan iman.”


7. Imam Ma’ruf Al – Karhi RA telah berkata :

“Barangsiapa menyediakan makanan untuk membaca maulid Rasulullah SAW dan mengumpulkan orang – orang islam serta menyalakan lampu dan memakai Pakaian – Pakaian yang baru dan berwangi – wangi serta berhias dengan tujuan membesarkan maulidnya Rasulullah SAW. Maka Allah Ta’ala akan mengumpulkan dia di padang Masyhar di hari kiamat kelak bersama dengan kelompok – kelompok yang pertama di antara Para Nabi dan ia akan mendapatkan setinggi – tinggi tempat di dalam surga.”


8. Imam Sirri As – Saqati RA pernah berkata :

“Barangsiapa pergi ke tempat yang ada dibaca disitu maulid Nabi SAW maka sesungguhnya ia diberi satu daripada kebun – kebun Surga karena ia pergi ke tempat itu tidak lain karena cinta kepada Rasulullah SAW.”


Dan telah bersabda Rasulullah SAW yang artinya :

Barangsiapa cinta padaku niscaya ia akan berada bersamaku di Surga”


Nah, itulah beberapa Kalam Ulama tentang Kemuliaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Semoga kita menjadi umat yang mencintai Baginda nabi serta dapat bertemu dalam mimpi ataupun Secara Nyata, Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin.

Wallahu A’lam Bish – Showab 

Sumber : Majalah Asy – Syifa Wal Mahmuudiyyah


Artikel Santri pena santri

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel